-->

Cerita Kehidupan dalam Rangkaian Kata

KULTUM SINGKAT RAMADHAN: Puasa Jangan Mager Raihlah Give Away Pahala

Sorce: Google Image


Puasa Jangan Mager Raihlah Give Away Pahala!

(Penulis : Sawin Mediawan)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Bismillah Alhamdulillah
Wash Sholatu Wassalamu 'ala rasulillah
Allohumma Sholli wasallim 'ala sayyidina Muhammad Ibni Abdillah
Wa 'ala alihi wa shohbihi wa mawwalah

Amma ba'du

Puji serta syukur saya panjatkan kehadirat Allah ta'ala Yang Maha Ghafur, shalawa serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW, keluarganya, para sahabatnya dan semoga kita semua sebagai ummatnya mendapat syafaatnya di akhirat kelak. Allohumm aamiin.

Sahabat-sahabat yang saya banggakan, hadirin rahimakumullah,
Puasa adalah kewajiban bagi kita ummat Islam, puasa merupakan rukun Islam ke 4. Firman Allah SWT di dalam Al Qur'an Surat Al Baqarah : 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya: "Wahai orang-orang yang breiman, diwajibkan atas kamu berpuasa. Sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu sekalian bertakwa"

Seorang muslim yang sudah baligh, seperti kita nih para remaja yang sudah 15 tahun, ya atau sudah mengalami mimpi indah, eh mimpi basah. Atau perempuan yang sudah 9 tahun atau sudah mengalami menstruasi. Wajib baginya untuk berpuasa. Wajib bagi kita untuk tidak makan dan minum mulai terbit fajar sidiq, sampai terbenam matahari. Itu bagi yang mampu, yang sehat. Kalo bagi yang sakit atau sedang berhalangan tentu ada keringanan atau rukhsanya untuk tidak berpuasa. Dengan CATATAN, ia harus menggantinya (mengqodonya) di lain waktu (dibulan-bulan berikutnya).

Hadirin yang dimulyakan Allah,
Puasa bukanlah alasan untuk MAGER, malas gerak. Mentang-mentang lagi puasa diajakin sekolah sama teman. "Sorry bro saya lagi puasa". Diajakin kerja "maaf saya lagi puasa." Giliran diajak MABAR PUBG! "Ayo kita ramaikan...". Main game boleh sih. Tapi, puasa jangan jadi alasan untuk mageran. Puasa bukan untuk jadi alasan untuk bremalas-malasan. 

"Bro! Kata Ustadz.. tidurnya orang puasa kan ibadah?". Iya Ibadah. Tapi jangan mentang-mentang tidur itu ibadah seharian tiduuuur aja. Bukan begitu maksudnya. Maksudnya adalah Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, APALAGI IBADAHNYA!. Ibadah di bulan puasa bakal dilipat gandakan berlipat-lipat. Kita bilang bakal banyak Give Away gitu. 

Hadirin rahimakumullah,
Dengan berpuasa justeru kita harus meningkatkan aktifitas terutama aktifitas ibadah. Sholat wajib. Sholat sunnat. Baca Al Qur'an. Mengaji. Cari Ilmu, dan seabagainya. Karena apa bakal banyak GIVE AWAY pahala. 

Pahala amal ibadah bakal dilipat gandakan berlipat-lipat jika dilaksanakan pada bulan ramadan, sepertti hadits Nabi Berikut;
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:
Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”)
  (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)
Hadirin rahima kumullah,
Itulah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Semoga kita bisa menjadikan bulan suci Ramdan 1440 H ini, sebagai bulan untuk meningkatkan amal ibadah kita. Selalu semangat berpuasa, serta melakukan amal ibadah lain seperti shalat, shadaqah dan lainnya. Serta lebih rajin lagi belajar dan beraktifitas di kegiatan sehari-hari. Sehingga Give Away pahala dari Allah SWT kita dapatkan, dan semoga kita semua dijadikan termasuk orang-orang yang bertaqwa - muttaqin.

Subhanaka Allahumma Wabihamdika Asyhaduallailaahilla anta astaghfiruka wa atubu ilaik.
Wassalamu'alaikum Wr. Wab.


Penulis : Sawin Mediawan

tags:
pidato ramadan terbaru
kultum singkat ramadan
kultum singkat ramadhan
pidato singkat ramadhan
kultum buat di sekolah
tugas kultum pesantren kilat
kultum sekolah
kultum ramadhan bahasa indonesia
tugas pidato bahasa indonesia tentang puasa
kultum gaul ramadhan


Labels: Pidato

Thanks for reading KULTUM SINGKAT RAMADHAN: Puasa Jangan Mager Raihlah Give Away Pahala. Please share...!

0 Komentar untuk "KULTUM SINGKAT RAMADHAN: Puasa Jangan Mager Raihlah Give Away Pahala"

Back To Top